UNITEDFNAFANS –┬áChicken Parmigiana, sering disebut sebagai “Chicken Parmy” atau hanya “Parmy” di Australia, adalah sajian yang telah meraih tempat istimewa di hati para pecinta kuliner di seluruh dunia. Resep yang menggabungkan keju parmesan, daging ayam, dan saus tomat ini merupakan interpretasi Australia dari masakan klasik Italia, tetapi telah beradaptasi sedemikian rupa sehingga kini menjadi ikon di pub dan bistro Australia. Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengeksplorasi asal-usul, variasi, dan cara membuat Chicken Parmigiana yang lezat dan otentik.

Sejarah dan Asal Usul:
Chicken Parmigiana memiliki cerita yang menarik tentang asal-usulnya. Meskipun namanya menunjukkan hubungan dengan masakan Italia, variasi yang kita kenal sekarang ini lebih erat kaitannya dengan diaspora Italia di Amerika dan Australia. Awalnya, resep ini berasal dari ‘Melanzane alla Parmigiana’, hidangan Italia Selatan yang menggunakan terong, bukan ayam. Imigran Italia membawa resep ini ke berbagai belahan dunia, termasuk Amerika dan Australia, di mana terong kemudian digantikan dengan daging ayam.

Komponen Utama:

  1. Daging Ayam: Biasanya, daging dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit digunakan, yang ditumbuk hingga tipis untuk memastikan penggorengan yang merata dan tekstur yang empuk.
  2. Tepung Roti dan Parmesan: Ayam dilapisi dengan tepung roti dan keju parmesan yang memberikan rasa gurih dan tekstur renyah setelah digoreng.
  3. Saus Tomat: Saus tomat klasik yang kaya rasa, sering kali dibuat dari tomat segar atau kalengan, bawang, bawang putih, dan rempah-rempah.
  4. Keju Mozzarella: Lapisan keju mozzarella yang meleleh di atasnya menambah dimensi rasa dan kelezatan yang tak tertandingi.
  5. Penyajian: Disajikan dengan spaghetti atau jenis pasta lainnya, dan kadang-kadang dengan kentang goreng atau salad untuk menambah kekayaan hidangan.

Cara Pembuatan:
Langkah 1: Penyiapan Ayam

  • Tumbuk daging ayam hingga tipis, lalu lumuri dengan campuran tepung, telur yang dikocok, dan campuran tepung roti dengan parmesan.
    Langkah 2: Penggorengan
  • Panaskan minyak dalam wajan dan goreng ayam hingga berwarna keemasan dan renyah. Setelah itu, tiriskan.
    Langkah 3: Penambahan Saus dan Keju
  • Letakkan ayam di atas nampan panggang, tuangkan saus tomat yang telah dibumbui di atasnya, dan taburi dengan mozzarella dan sedikit lagi parmesan.
    Langkah 4: Memanggang
  • Panggang dalam oven yang telah dipanaskan hingga keju meleleh dan berwarna kecokelatan.
    Langkah 5: Penyajian
  • Sajikan hangat dengan pasta atau pelengkap lainnya.

Varian dan Adaptasi:
Seperti banyak hidangan klasik, Chicken Parmigiana juga telah mengalami berbagai adaptasi. Beberapa variasi termasuk penggunaan daging babi atau sapi sebagai pengganti ayam, penambahan ham atau bacon di bawah lapisan keju, atau bahkan versi vegetarian menggunakan schnitzel terong atau zucchini.

Penutup:
Chicken Parmigiana merupakan hidangan yang menawarkan kenyamanan dengan setiap gigitannya. Keju yang meleleh, lapisan tepung roti yang renyah, dan daging ayam yang lembut, semuanya berpadu sempurna dengan saus tomat yang kaya rasa. Tidak peduli di mana Anda menikmatinya, hidangan ini adalah perayaan dari rasa klasik yang telah melintasi benua dan menginspirasi variasi tanpa batas. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan Chicken Parmigiana yang autentik di rumah Anda!